Asal Muasal Situ Patenggang, Dongeng Raden Kian Santang Dewi Rengganis

Cantiknya Situ Patenggang di Jawa Barat (Wisma Putra/detikcom)

Kabupaten Bandung - Situ Patenggang yaitu kawasan wisata di Kabupaten Bandung. Danau bagus ini menyimpan kisah pertemuan antara Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis.

Situ Patengan atau yang dikenal Situ Patenggang, danau yang ada di wilayah Bandung Selatan tidak kalah dengan obyek wisata Kawah Putih yang letaknya hanya sekitar 7 km. Banyak pengunjung yang tiba ke sini untuk mengetahui sejarahnya.

Seperti diketahui, di obyek wisata ini dikenal dengan sebuah kerikil yang berjulukan Batu Cinta yang berada di tengah-tengah danau dan dikelilingi oleh pepohonan yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Konon katanya lokasi tersebut merupakan kawasan bertemu Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis.

Menurut kisah masyarakat yang dihimpun detikTravel, Sabtu (24/8/2019) di Situ Patenggang, sepasang kekasih Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis bertemu di sana sesudah sekian usang berpisah, keduanya saling memadu kasih.

Dalam pertemuannya, Dewi Rengganis meminta kepada Raden Kian Santang untuk berbagi danau beserta bahtera untuk dinaiki mereka berdua dan terbentuklah Situ Patenggang.

(Wisma Putra/detikcom)(Wisma Putra/detikcom)
Salah satu warga, Muhtar menyampaikan jika asal kata Situ Patengan pun berasal dari bahasa Sunda yang berasal dari kata pateang-teang atau saling mencari dalam Bahasa Indonesia.

"Kalau sejarahnya gitu, Situ Patengang atau Situ Patengan itu berasal dari kata pateang-teang atau saling mencari antara pangeran dan putri," katanya kepada detikTravel belum usang ini.

Muhtar mengakui, jika banyak pengunjung yang tiba ke kawasan wisata ini untuk mengetahui sejarahnya. Karena berdasarkan kepercayaan orang renta dulu, Objek Wisata Situ Patengan sarat akan sejarah.

"Ya ada yang suka nanya-nanya soal sejarahnya. Kalau kita ya jelasin sesuai perkataan orang renta dulu, itu juga enggak tahu soal kebenarannya, namanya juga cerita," ungkapnya.

(Wisma Putra/detikcom)(Wisma Putra/detikcom)
Salah satu pengunjung asal Bogor, Risma Rahayu berujar, ia ingin berlibur di obyek wisata tersebut dan tiba ke Situ Patenggang alasannya yaitu sejarahnya, dimana lokasi tersebut dijadikan sebagai lokasi bertemunya pangeran dan putri.

"Sesuai dengan sejarahnya, tempatnya sangat romantis dan sangat nyaman sekali. Indah juga buat dijadikan sebagai spot foto buat para pasangan yang tiba ke sini," ujar Risma.

Risma juga menambahkan, spot foto yang ada di obyek wisata tersebut cocok juga dijadikan untuk prewedding. "Iya bagus buat prewed, sayang deh dulu saya enggak prewed di sini, padahal pemandangannya sangat indah," pungkasnya.

Kalau liburan tamat pekan ke Bandung yuk mampir ke Situ Patenggang!

Simak Video "Weekend Pertama, Begini Kondisi Rekayasa Jalan Sukajadi "
[Gambas:Video 20detik]

0 Response to "Asal Muasal Situ Patenggang, Dongeng Raden Kian Santang Dewi Rengganis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel