Melirik Potensi Wisata Di Ibu Kota Gres Bab Kutai Kartanegara

Ilustrasi Bukit Bangkirai (Afif Farhan/detikcom)

Kutai Kartanegara - Presiden Joko Widodo memutuskan Ibu Kota gres di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kaltim. Wilayah Kutai, punya banyak potensi wisata.

Jokowi gres saja memutuskan wilayah yang akan dijadikan ibu kota gres Tanah Air. Wilayah tersebut yakni sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian daerah Penajam Paser Utara yang berlokasi di Kalimantan Timur.

Wilayah tersebut sudah melewati sejumlah kajiaan menyerupai struktur ekonomi dan pembangunan ibu kota. Namun, apa kabar dengan potensi pariwisatanya?

Kutai Kartanegara merupakan sebuah kabupaten dengan luas wilayah mencapai 27 ribu kilometer persegi. Kabupaten ini mempunyai sentra kabupaten di Tenggarong. Terdapat potensi migas yang besar di sana.

Namun, di satu sisi Kutai Kartanegara mempunyai destinasi wisata yang beragam. Mulai dari alam sampai sejarahnya yang kaya. Dihimpun detikcom, Senin (26/8/2019) berikut selengkapnya sejumlah potensi wisata yang dimiliki wilayah Kutai Kartanegara:

1. Museum Mulawarman
(Brigida Emi Lilia/d'Traveler)


Salah satu destinasi wisata sejarah terkenal di Kukar ialah Museum Mulawarman. Bangunan museum dulunya merupakan istana Kesultanan Kukar yang dibangun tahun 1963, menggantikan bangunan yang dulunya terbakar.

Umumnya, barang-barang di dalam museum berisi peninggalan sejarah yang dipakai oleh Kesultanan. Seperti pakaian, tombak, keris, prasastri dan banyak sekali keramik. Tidak heran, banyak wisatawan untuk napak tilas bermacam-macam saksi bisu kerajaan tersebut.

2. Pulau Kumala
(April/d'Traveler)


Pulau Kumala merupakan wilayah mini yang terletak di Sungai Mahakam. Persisnya, membentang di sebelah barat Kota Tenggarong.

Kalau dari sentra Kota Samarinda, jaraknya sekitar 27 kilometer. Berada di tengah sungai, Pulau Kemala mempunyai banyak sekali atraksi menyerupai gokart, taman bermain sampai sky tower untuk melihat pemandangan di sekitarnya.

3. Wisata kuliner Gence Haruan

Kalau mencari kuliner khas Kukar, cobalah Gence Haruan. Inilah olahan ikan dengan banyak sekali rempah yang dimasak dengan banyak sekali cara.

Gence haruan memakai ikan haruan atau gabus. Umumnya, ikan dibakar atau dipanggang dan dicampur memakai racikan tomat, cabe dan bawang merah. Umumnya, di sejumlah tempat makan di Tenggarong, Gence Haruan banyak ditemukan.

4. Orangutan di Samboja Lestari
(Afif/detikcom)


Di wilayah Samboja, ada daerah evakuasi orangutan yang terkenal, Samboja Lestari. Tempat ini berlokasi di Jalan Balikpapan-Handil Km 44, Kutai Kartanegara. Di sana, traveler sanggup melihat orangutan serta mencar ilmu bagaimana sejarah dan hidupnya di alam bebas.

Di sini, traveler sanggup bertemu orangutan legendaris berjulukan Bujang. Di sana juga ada 7 pulau, namun hanya 2 yang sanggup dilihat pengunjung. Sisanya, dipakai untuk konservasi para orangutan yang hidup di alam liar atau diselamatkan dari wilayah lain.

5. Bukit Bangkirai

(Afif/detikcom)


Kutai Kartanegara juga punya hutan wisata yang seru. Inilah Bukit Bangkirai, terletak di daerah Samboja.

Bukit Bangkirai dikelola oleh PT Inhutani. Di dalamnya terdapat kurang lebih 2.800 jenis tanaman dan fauna yang didominasi jenis pohon Dipterocarpaceae khususnya Shorea laevis (bangkirai), 3.000 jenis jamur, 13 jenis rotan, 24 jenis anggrek termasuk anggrek hitam, 113 jenis burung dan masih banyak jenis mamalia serta serangga. Cocok untuk berwisata edukasi.

Simak Video "Warga DKI Angkat Bicara soal Rencana Pemindahan Ibu Kota"
[Gambas:Video 20detik]

0 Response to "Melirik Potensi Wisata Di Ibu Kota Gres Bab Kutai Kartanegara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel