Akhir Pekan, Saatnya Menikmati Seni Di Artjog Mmxix

ArtJog MMXIX di Yogyakarta (Tasya/detikcom)

Yogyakarta - Liburan simpulan pekan bisa kau habiskan dengan berkunjung ke ArtJog MMXIX di Yogyakarta. Di sini kau bisa lihat banyak karya seni yang bermakna filosofis.

Berlokasi di Jogja National Museum, Jl. Ki Amri Yahya, no. 1, Yogyakarta, detik travel menerima kesempatan untuk mendatangi ArtJog dalam Jelajahi Indonesia Dengan Grab Sabtu, (24/8/2019). Dimulai dari 25 Juli 2019, hari ini yaitu hari terakhir festival loh, jadi untuk kau yang ingin tau bisa tiba ke sini.

ArtJog menampilkan karya seni dari seniman-seniman Indonesia yang membahas persoalan-persoalan insan dan dituangkan dalam karya seni. Dengan visual yang menarik, pengunjung akan menyadari banyak perkara di bumi yang butuh untuk direnungkan.

"Sejumlah seniman dalam festival ini menyela persoalan-persoalan antar insan dalam perspektif sejarah maupun hari ini. Ketika dipersoalkan oleh para seniman kontemporer, masalah-masalah menyerupai 'yang privat' dan 'yang publik' ; 'yang tertindas dan ditindas'; yang menatap dan 'yang ditatap' dan sebagainya." Terpampang klarifikasi mengenai ArtJog saat kau memasuki pintu masuk.

Akhir Pekan, Saatnya Menikmati Seni di ArtJog MMXIXFoto: Elmy Tasya Khairally/detikcom

Antusiasme wisatawan sangat besar, terutama generasi milenial. Berbagai macam karya seni dipamerkan, mulai dari lukisan sampai seni rupa. Tentunya dengan makna-makna mendalam yang buat kau berdecak kagum.

Dimulai dari karya Uga Untoro yang mempunyai karya seni berupa kulit kuda yang dibentangkan.Kuda dalam karya-karya Ugo merupakan metafor terhadap kebiadaban insan yang menimbulkan hewan sebagai makhluk subordinat di bumi. Kecelakaan yang merenggut salah satu kudanya pada 2005 masih menyisakan banyak catatan penting untuknya sampai hari ini.

Menurutnya, insan harus bisa mencar ilmu melalui binatang. Ia menemukan nilai-nilai cinta, kasih sayang, kehidupan dan janjkematian melalui kedekatannya dengan kuda.

Karya selanjutnya ada pula perangkat lukis yang bergerak menghapus warna lukisan berwarna hijau. Di dalamnya terdapat gambar satu orang utan kecil yang sendirian.


Akhir Pekan, Saatnya Menikmati Seni di ArtJog MMXIXFoto: Elmy Tasya Khairally/detikcom


Lukisan ini menggambarkan flora kelapa sawit yang hijau lama-lama punah jawaban fenomena iklim global. Pameran ini menampilkan fenomena faktual seputar orang utan di Indonesia yang kehilangan kawasan tinggalnya.

Lain halnya dengan gambar figuratif yang dihasilkan dari Riono Tanggul Nusantara, Ia menampilkan gambar daging-daging hewan berkaki empat tanpa kulit yang digantung dengan latar pepohonan dan hutan. Mereka menyerupai tak lagi punya kawasan bersembunyi dari pemburunya, bahkan harus mati dan dikuliti di kawasan habitatnya.

Memasuki festival ini, kau akan menyadari banyak hal wacana fenomena alam yang ada di bumi ini, terutama Indonesia. Seperti juga pada karya Mary Magic yang menggamnarkan air sungai yang banyak mengaliri sampah-sampah.

Di sini kau akan melihat miniatur sungai yang terdapat sampah-sampah plastik di dalamnya. Aliran tersebut berakhir pada sebuah layar membentuk bundar dan memutar yang menayangkan sampah-sampah plastik yang bergabung jadi satu.

Akhir Pekan, Saatnya Menikmati Seni di ArtJog MMXIXFoto: Elmy Tasya Khairally/detikcom


Selain bisa banyak menyadari akan banyak hal fenomena yang ada di bumi ini, kau juga bisa berfoto-foto di depan karya-karya seni yang cantik. Tempat ini sangat instagramable untuk kau berfoto-foto.

Seperti pada karya sebuah beling berembun yang mengaburkan pandangan orang yang bangun di depannya. Karya ini menggambarkan fenomena perubahan lingkungan alam yang dipengaruhi oleh insan yang mengubah tatanan ruang tinggal, ekosistem hayati, teladan konsumsi yang mengaburkan batasan alami dan buatan.

Menurut seniman, insan telah melupakan hakikat kemampuan makhluk hidup untuk mengobati dirinya dan menghapus kerusakan dengan kebaikan. Filosofis banget kan traveler?

Masih banyak lagi karya seni menarik yang bisa kau temui di ArtJog. Tiket untuk masuk ke sini untuk belum dewasa yaitu Rp 25.000 dan 13 tahun ke atas Rp 50.000. Pameran ini buka mulai pukul 10.00-21.00, dengan banyak sekali karya seni menarik, akan memberi kesan liburanmu semakin asyik.


Akhir Pekan, Saatnya Menikmati Seni di ArtJog MMXIXFoto: Elmy Tasya Khairally/detikcom


Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]

0 Response to "Akhir Pekan, Saatnya Menikmati Seni Di Artjog Mmxix"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel