8 Kawasan Wisata Di Takengon Aceh Tengah Terbaik Dan Paling Menarik

Wisata Aceh - Alam dan budaya Aceh memang tak ada habisnya untuk dijelajahi dan nikmati. Kali ini kita beralih ke sebuah kawasan yang mempunyai pesona yang amat luar biasa yaitu kabupaten Aceh Tengah. Aceh Tengah mempunyai ibukota kabupaten yaitu Takengon. 

Berjarak 314,3 kilometer dari sentra kota Aceh. Dengan waktu tempuh sekitar 6-7 jam perjalanan darat. Keindahan budaya Takengon dan Aceh Tengah amat layak untuk dijadikan destinasi wisata Anda selanjutnya. 

1. Pantan Terong di Bebesan Aceh Tengah 


sumber : @mahagaputra_ Via instagram
Keindahan Pantan Terong 
Pantan Terong memang merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang ke Aceh Tengah. Tak heran keindahannya senantiasa tersebar luas dengan foto-foto yang ada di sosial media. Sebuah keindahan alam yang benar-benar luar biasa terlihat dari puncak bukit yang berada di ketinggian sekitar 1.830 meter dari permukaan maritim ini. 

Pemandangan maritim air tawar dengan pemukiman penduduk kota Takengon di sekitarnya merupakan view yang amat mempesona. Angin sejuk yang meniupi Anda menawarkan ketenangan yang amat luar biasa. Bersantai sembari menikmati kuliner di puncak bukit ini terasa begitu nikmat. Karunia Tuhan yang benar-benar menakjubkan. 

Letak Pantan Terong
Bukit Cantik dengan view menakjubkan ini terletak di puncak bukit Dataran Tinggi Gayo yang berada dalam wilayah administratif Gampong Ulu Nuih Takengon Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. 

Jaraknya yang amat bersahabat dari kota Takengon yaitu sekitar 7,5 kilometer menciptakan kanal menuju tempat ini amat mudah. Dengan kendaraan roda dua atau roda empat Anda sanggup mendarat di lokasi yang amat indah ini. 

Tiket Masuk Pantan Terong dan Fasilitasnya 
Tak perlu khawatir kalau Anda ingin memasuki lokasi Pantan Terong. Biaya yang Anda keluarkan tak lebih dari Rp10.000,- perorang. Hal menarik dan indah sanggup Anda nikmati di tempat ini. 

Beragam kemudahan juga telah tersedia di tempat ini. Mulai dari pagar pembatas di ujung tempat terbaik untuk memandangi view danau Air Tawar dan kota Takengon hingga kemudahan penunjang lainnya menyerupai tempa duduk, toilet, musholla dan kemudahan lainnya yang menciptakan perjalanan Anda amat nyaman. 

2. Danau Laut Air Tawar di Dataran Tinggi Gayo 



sumber : Wisata Aceh® (@wisataaceh) via instagram
Keindahan Danau Laut Air Tawar
Panorama dan keindahan danau maritim Air Tawar benar-benar akan memanjakan siapa saja yang memandanginya. Dikelilingi bebukitan nan indah dan hijau serta jernihnya air danau yang amat luas ini merupakan karunia Tuhan yang patut disyukuri.

Beragam tanaman fauna nan mengisi danau ini menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Aceh Tengah. Memang luasnya tak seluas danau Toba, tapi pemandangannya tak kalah anggun dengan danau terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Aktivitas masyarakat nelayan di sekitar danau ini juga menjadi hal menarik untuk Anda saksikan. Apalagi ketika matahari akan terbenam. Suasana nan romantis dan syahdu akan menjadi hal terindah yang akan Anda rasakan di tempat ini.

3. Goa Loyang Koro


sumber : singahkugayo.blogspot.co.id
Bagi Anda para pecinta alam, Goa yang satu ini tak boleh Anda lewatkan. Goa Loyang Karo, sebuah goa yang populer dengan stalaktit dan stalagmit serta ribuan kelelawar di dalamnya. 

Lokasinya juga tak begitu jauh dari danau air tawar. Tepatnya terletak di kaki Gunung Birahpanyang Desa Toweren, Kecamatan Laut Tawar, hanya 7 Km dari Kota Takengon. 

Gua yang diyakini mempunyai panjang hingga 16 kilometer ini sama menyerupai gua lainnya yaitu gelap. Namun, ketika Anda terangi dengan cahaya senter yang Anda bawa terlihat keindahan yang begitu luar biasa.

4. Masjid Ruhama Takengon 



sumber : @mahdiadama via instagram
Baca juga : 
8 Tempat Wisata di Takengon Aceh Tengah Terbaik dan Paling Menarik
7 Tempat Wisata di Karang Baru Aceh Tamiang Paling Menarik
8 Tempat Wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan Paling Menakjubkan

Aceh populer dengan bangunan masjid yang besar dan mempunyai arsitektur unik serta indah. Salah satunya yaitu masjid Ruhama yang merupakan masjid pujian masyarakat Takengon.

Perjalanan wisata menjadi tak lengkap kalau Anda tak mengunjungi tempat-tempat yang amat mengagumkan ini di tengah perjalanan wisata. Sebuah tempat yang akan memberi ketenangan jiwa dan keselamatan ketika berwisata.

Masjid ini bisa menampung jamaah sekitar 2.000 jamaah. Dengan kubah emas dan ornamen lukisan khas Gayo masjid yang berada di kelurahan Takengon Barat kecamatan Lut Tawar ini sangat menarik kalau di pandangi dari luar.

Beranjak ke dalam masjid, keindahan dan kebersihan masjid ini menawarkan suasana damai dan nyaman ketika beribadah. Masjid ini amat layak untuk jadi persinggahan Anda. Berwisata bukan berarti meninggalkan ibadah.

5. Keindahan Pante Menye Bintang 


sumber : @rma.dhn via instagram
Salah satu tempat favorit untuk menikmati danau Lut Air Tawar yaitu di Pante Menye. Sebuah lokasi wisata yang terletak di Kampung Genuren kecamatan Bintang, Aceh Tengah. 


sumber : Mongabay.co.id
Panorama alam dari tempat ini terlihat amat indah. Keindahan Danau Lut Air Tawar dan sayup-sayup keindahan gunung Birahpanyang serta bebukitan nan indah sanggup Anda nikmati sekaligus di tempat ini.


sumber : @farida_pjailani96 via instagram
Jika Anda ingin berwisata kuliner, maka di tempat ini juga terdapat beberapa warung makan yang menjual kuliner yang cukup enak. Udara segar membuah nafsu makan Anda bertambah. Alam yang benar-benar menakjubkan dan sayang Anda lewatkan kalau berkunjung ke Aceh Tengah.

6. Arung Jeram di Krueng Peusangan

sumber : daspeusangan.org
Bagi Anda yang ingin menguji adrenalin. Sungai Krueng Peusangan merupakan sungai yang sumber airnya berasal dari Danau Lut Air Tawar. Keindahan sungai yang begitu menakjubkan dan mempesona. Aliran air yang mengalun deras dan pepohonan hijau yang berada di sisi dan kanan menciptakan arung penderasan di sungai ini begitu menakjubkan.

7. Gayo Waterpark


sumber : @srisukasti77 via instagram
Ingin bermain air di tengah indahnya alam Aceh Tengah?. Nah, di Takengon terdapat Gayo Waterpark seluas 1,5 hektare dengan aneka macam wahana permainan air. Di tempat ini tak hanya permainan air saja yang sanggup Anda nikmati, namun pemandangan indah sekitarnya menjadi pemandangan yang amat menyejukkan hati Anda. 

8. Menikmati Kopi Gayo

sumber : ChanelMuslim.com
Ingin menikmati minuman khas Aceh. Maka kopi khas Gayo sanggup menjadi sajian utama yang harus Anda coba di Aceh Tengah. Kopi dengan citarasa khas ini sanggup Anda nikmati di Takengon. Rasa khas kopi ini akan menawarkan citarasa berbeda bagi Anda pecinta kopi. Kopi ini juga sanggup Anda jadikan buah tangan khas yang Anda bawa pulang dari Aceh Tengah.

Nah, itu ia tempat wisata yang pilihkan untuk Anda. Pesona dan keindahan alam serta masakan Aceh Tengah tak akan habisnya untuk di eksplor. Alam Indonesia harus kita syukuri dengan selalu menjaga keindahannya.

0 Response to "8 Kawasan Wisata Di Takengon Aceh Tengah Terbaik Dan Paling Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel