6 Kawasan Wisata Di Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur Paling Menarik Dikunjungi

Wisata Aceh - Alam Aceh memang selalu memliki pesona keindahan yang tak sanggup Anda lupakan. Ada saja tempat-tempat indah yang Anda temui dikala menginjakkan kaki di bumi serambi mekah ini. Dan yang tak kalah indahnya ialah pesona alam dan budaya Aceh Timur.

Kabupaten yang ber-ibukota Idi Rayeuk ini merupakan daerah dengan penduduk terbanyak kedua di propinsi Aceh. Dengan suku dominan yang menghuni daerah ini ialah suku Aceh, suku Gayo dan Suku Tamiang.

Perpaduan antara kearifan lokal di Aceh Timur dengan keindahan alamnya begitu terlihat eksotik dan mempunyai daya tarik tersendiri. Di aneka macam sisi Aceh Timur terdapat banyak keindahan yang mungkin akan memperlihatkan sebuah kisah perjalanan wisata tak terlupakan bagi Anda. 

Memang Aceh Timur salah satu kabupaten yang cukup jauh dari sentra Kota Banda Aceh. Jarak dari Banda Aceh ke kota Idi Rayeuk yang merupakan ibu kota daerah ini ialah sekitar 366 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. 

Bagi Anda yang ingin berkunjung atau sedang berada di daerah ini. Berikut rangkum tempat-tempat indah yang sanggup Anda kunjungi. 

1. Air Terjun Weh Hilang


sumber : Sportourism.id
Inilah sebuah lokasi yang layak disebut sebagai nirwana tersembunyi di Aceh Timur. Air Terjun ini dikenal juga dengan nama gerojokan Terujak alasannya ialah lokasinya masuk ke dalam wilayah administratif Gampong Terujak, Kecamatan Serba Jadi, Aceh Timur.

Seperti kebanyakan gerojokan indah yang lainnya, untuk menuju gerojokan Weh Hilang ini memang membutuhkan usaha yang cukup keras. Dari ibukota kabupaten Anda diharuskan melaksanakan perjalanan selama 3 jam dengan kondisi jalanan cukup sempit dan sedikit berlubang.

Selanjutnya sesampainya di Gampong Lokop kendaraan Anda harus di parkir dan dilanjutkan dengan perjalanan darat sejauh satu kilometer menyusuri bibir sungai yang airnya sangat jernih. Alamnya terasa begitu indah dengan bermacam-macam pepohonan hijau lebat yang menemani perjalanan Anda.

Rasa lelah Anda akan terbayar lunas dikala Anda hingga ke lokasi gerojokan Weh Hilang. Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini mempunyai kondisi alam amat hijau dengan keindahan yang begitu memanjakan mata.

Tak sabar rasanya untuk menceburkan diri ke kolam pemandian alami di lokasi gerojokan ini. Sangat sejuk dan airnya sangat jernih. Untuk menuju lokasi gerojokan ini Anda perlu melaksanakan persiapan yang matang, mulai dari persiapan fisik hingga bekal Anda selama perjalanan.

2. Pantai Kuala Beukah


sumber : @iedareysita via Instagram
Aceh memang populer dengan pantai-pantainya yang indah. Salah satu pantai yang menyimpan pesona keindahan yang sanggup Anda kunjungi di Aceh Timur ialah Pantai Kuala Beukah.

Di Pantai Kuala Beukah Anda akan menemukan panorama bahari yang dikelilingi pepohonan cemara yang menambah keindahannya. Pasir pantai yang berwarna kecokelatan berpadu indah dengan ombak yang mengalun menyapa bibir pantai. 

Pantai Kuala Beukah terletak di Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer dari sentra kota Idi Rayeuk dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Tempat ini masih sangat alami dan terjaga. Hal itu menciptakan tempat ini menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi di Aceh Timur.

3. Pantai Kuala Parek


sumber : KebudayaanIndonesia.Com

Pantai selanjutnya yang mempunyai keindahan yang luar biasa ialah pantai Kuala Parek. Pantai ini mempunyai pemandangan yang luar biasa indahnya. Hamparan bahari biru dengan pasir pantai yang landai membuatnya terlihat begitu eksotis.

Pantai ini merupakan salah satu tempat yang masih alami dan terjaga keindahannya. Pantai ini terletak di Gampong Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, sekitar 7 km dari kota kecamatan. Pantai ini sanggup dijadikan salah satu tujuan libur Anda di Aceh.

4. Pantai Idi Cut


sumber : klikkabar.com
Ingin menikmati pantai yang tak jauh dari ibukota Kabupaten Aceh Timur. Maka pantai Idi Cut ini sanggup jadi tujuan wisata Anda selanjutnya. Hamparan pasir putih dengan sedikit berbatu mempunyai perpaduan indah dengan pepohonan cemara di sekelilingnya.

Pantai ini berada tak jauh dari sentra keramaian kota, hanya berjarak sekitar 3 kilometer. Rasa relaks pribadi terasa dikala Anda memasuki tempat dengan pasir landai ini.

5. Pantai Ketapang Mameh


sumber : @deckygusnardi via Instagram
Pantai Ketapang Mameh merupakan salah satu destinasi favorit bagi warga Aceh Timur. Pesona keindahan pantai indah ini tampak harmonis dengan gubuk-gubuk peristirahatan yang ada di pantai ini. 

Pantai Ketapang Mameh letaknya tak jauh dari sentra kota. Tepatnya berada di Gampong Ketapang Mameh, kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur. Mengunjungi pantai ini ialah alternatif tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan.

6. Situs Kerajaan Peureulak


sumber : misykah.com
Tempat ini merupakan objek wisata sejarah peninggalan kerajaan islam Kesultanan Peureulak. Salah satu peninggalan bersejarah kerajaan tersebut di Aceh Timur ialah makam seorang raja dan sebuah masjid. Lokasinya berada di Gampong Tualang kecamatan Peurelak kabupaten Aceh Timur.

Itulah tempat yang sanggup Anda kunjungi di Aceh Timur. Mengunjungi setiap daerah di Aceh akan meninggalkan dongeng yang berbeda-beda. Pesona dan keindahannya benar-benar layak untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan utama perjalanan wisata Anda. Baca juga 7 Tempat Wisata di Lhoksukon Aceh Utara terbaik.

0 Response to "6 Kawasan Wisata Di Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur Paling Menarik Dikunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel