Liburan Ke Yogyakarta, Dapat Makan Menyerupai Sultan

gambar Bale Raos Yogyakarta

Yogyakarta - Pelancong yang sedang berlibur ke Yogyakarta mampu coba masakan ciri khas keraton. Mereka mampu coba kulineran dan minuman kegemaran sultan.

Ini kali kita berpeluang untuk datang ke Bale Raos dalam Telusuri Indonesia Dengan Grab, Sabtu. Restaurant ini berada bersisihan dengan Keraton Yogyakarta, di Jl Magangan Kulon No 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Dengan masakan yang unik ditambah lagi wilayah yang dibuat seakan-akan keraton, kau akan berasa makan di istana. Saat masuk restaurant kau akan melalui taman burung di kanan dan kiri jalan, selanjutnya kelihatan tempat restaurant out indoor dan door.

Bangunan restaurant benar-benar seakan-akan dengan keraton. Di tempat indoor ada beberapa barang keraton yang unik di dalamnya. Tempat Indoor memiliki meja yang berwujud lingkaran. Benar-benar pas untuk pelancong yang pergi bersama keluarga atau kelompok.

Tampak depan Bale RaosTampak depan Bale Raos

Menu wisata kuliner unik yang disediakan ialah Bendul, yaitu singkong dengan kelapa parut dibakar. Ini merupakan sajian favorit Sultan Hamengkubuwono VII.

Selain itu ada beberapa camilan lain yang tersedia di sini. Ada Prawan Kenes atau pisang goreng dengan tusuk sate dan gula merah, Tapak Kucing yaitu pisang goreng gulung dari pisang raja pilihan dan Pam Brid yaitu sejenis pancake ala kraton dengan toping fla. Nah Prawan Kenes ialah sajian favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

Hidangan utamanya juga merupakan kuliner khas keraton, ada Bestik Djawa, Kambing Panggang, Semur Piyik, Bistik Lidah dan masih banyak lagi. Sebuah kuliner tradisional yang berpadu dengan western, menarik ya traveler?

Aneka sajian khas Keraton Yogya (Tasya/detikcom)Aneka sajian khas Keraton Yogya (Tasya/detikcom)

Ada juga minuman-minuman khasnya, yaitu Es Camcao yang terbuat dari cincau hijau dengan gula kelapa. Es ini ialah favorit Ratu Hemas, Istri Sultan Hamengkubuwono X, kemudian ada beras kencur, es asem, kopi tubruk dan yang Istimewa ialah bir jawa.

Tenang traveler, ini bukan bir memabukan. Minuman ini terdiri dari rempah-rempah menyehatkan yang menghangatkan tenggorokan. Sebelum disuguhkan, minuman ini dikocok terlebih dahulu sehingga terdapat busa di permukaannya. Inilah minuman favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

Suasana makan ala keraton (Tasya/detikcom)Suasana makan ala keraton (Tasya/detikcom)

Habiskan waktu di Bale raos bersama sahabat atau keluarga bisa jadi opsi pelancong saat bertandang ke Yogyakarta. Restaurant sekalian tempat rekreasi di Yogyakarta ini membuka dari jam 10.00-22.00 WIB.

0 Response to "Liburan Ke Yogyakarta, Dapat Makan Menyerupai Sultan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel