5 Rekomendasi Destinasi Religi Di Jakarta Jelang Tahun Gres Islam

Masjid Perahu atau Masjid Agung Al-Munada Baiturrahman (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Jakarta - Di selesai pekan ini, kita akan merayakan Tahun Baru Islam. Untuk yang ada di Jakarta, kita sanggup menyambutnya dengan berwisata religi di Ibu kota.

Dihimpun detikcom, Senin (26/8/2019), Jakarta punya banyak potensi wisata religi. Meski modern di segala sisi, ibu kota juga mempunyai akar budaya Islam. Ini ia rekomendasi tempatnya:

1. Masjid Perahu atau Masjid Agung Al-Munada Baiturrahman

5 Rekomendasi Destinasi Religi di Jakarta Jelang Tahun Baru Islam(Rifkianto Nugroho/detikcom)


Unik, masjid ini mempunyai satu bangunan ibarat perahu yang sekarang dipakai sebagai tempat wudhu dan toilet. Nama aslinya Masjid Agung Al Munada Baiturrahman dan dibangun oleh KH Abdurrahman Massum.

Masjid Perahu berlokasi di Jalan Menteng Pulo Raya. Diapit dua gedung pencakar langit, Masjid Perahu hanya sanggup diakses memakai motor atau jalan kaki saja.

Bangunan perahu dan masjidnya dibangun bersamaan pada tahun 1962 silam. Terinspirasi di oleh perahu Nabi Nuh, Masjid Perahu mempunyai banyak keunikan lain, yakni ada Quran raksasa 2X1 meter, punya kayu gelondongan sebagai tiangnya, koleksi kerikil giok, emas 3 kg di atap masjid dan ada kerikil di depan pintu yang tak diubah semenjak dulu.

2. Komplek Masjid Luar Batang

5 Rekomendasi Destinasi Religi di Jakarta Jelang Tahun Baru IslamMasjid Luar Batang (Ari Saputra/detikcom)

Ini yakni satu dari dua poin wisata religi daerah pesisir dalam goresan pena ini. Masjid Luar Batang banyak didatangi oleh peziarah dari dalam luar Jakarta. Lokasi persisnya ada di Penjaringan, Jakarta Utara.

Makam keramat yang ada di komplek Masjid Luar Batang dan sering didoakan yakni makam dari pemuka agama Sayid Husein Bin Abu Bakar Bin Abdullah Al-Aydris yang diyakini keturunan dari Nabi Muhammad.


Wafat sekitar tahun 1796, awal mula makamnya ada di luar bangunan masjid dan saat ada ekspansi tahun 1827, makamnya ada di dalam masjid. Menurut beberapa sumber, nama Luar Batang sendiri sebab insiden di luar nalar, yakni jasad Sayid Husein hilang dari kerandanya.

Ada pula julukan Luar Batang sebab ada susunan kayu melintang di muara Kali Ciliwung. Kapal-kapal yang ingin masuk harus membayar pajak dan daerah di luar kayu pembatas ini yakni Luar Batang.

3. Taj Mahal Jakarta atau Masjid Ramile Musofa

5 Rekomendasi Destinasi Religi di Jakarta Jelang Tahun Baru IslamMasjid Ramlie Musofa (Pradita Utama/detikcom)

Ada Masjid mirip Taj Mahal di Jakarta. Sudah Tahu? Inilah Masjid Ramlie Musofa, letaknya berada di Jalan Danau Sunter Selatan Blok I 10 no.12.

Dibangun semenjak 2011, Masjid Ramlie Musofa rampung sehabis lima tahun dan gres diresmikan pada 15 Mei 2016. Diketahui, penamaan nama Ramlie diambil dari nama sang pengusaha, sedangkan kata Musofa merupakan adonan akronim dari ketiga nama depan anaknya.

Masjid dengan empat lantai ini mempunyai ketinggian 35 meter serta kapasitas sekitar 1.000 jamaah. Tak tanggung-tanggung, marmer menghiasi masjid seluas 2.000 meter persegi ini pun kabarnya didatangkan pribadi dari Italia dan Turki.

4. Makam Mbah Priuk

5 Rekomendasi Destinasi Religi di Jakarta Jelang Tahun Baru IslamMakam Mbah Priuk (Pradita Utama/detikcom)

Makam Mbah Priuk atau berjulukan Makam Habib Hasan Al Haddad di daerah Koja, Jakarta Utara ini memang jadi salah satu destinasi wisata religi di ibu kota Jakarta. Namanya terkenal sebab dipercaya sebagai salah satu wali.

Komplek Makam Mbah Priuk pernah jadi sentra kontroversi sebab sengketa jago waris dan PT Pelindo II pada April 2010 lalu. Total sudah ada enam bentrokan semenjak periode Orde Baru sampai Reformasi.


Hingga akhirnya, tujuh tahun sehabis bencana 2010, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengakibatkan makam Mbah Priuk sebagai cagar budaya yang perlu dilindungi. Ada Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 438 Tahun 17 perihal Penetapan Kawasan Makam Habib Hasan (Mbah Priuk), sebagai lokasi yang dilindungi dan diperlakukan sebagai situs cagar budaya.

Rencananya, selain jadi cagar budaya di kompleks Makam Mbah Priuk hendak didirikan sekolah sampai Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) oleh Ahok. Namun, Ahok keburu masuk penjara sehingga rencana tersebut urung dilaksanakan.

5. Masjid Istiqlal

5 Rekomendasi Destinasi Religi di Jakarta Jelang Tahun Baru IslamMasjid Istiqlal (Grandyos Zafna/detikcom)

Salah satu Masjid paling terkenal di Jakarta yakni Masjid Istiqlal. Letaknya pun tidak jauh dari Monumen Nasional.

Dulunya, bangunan Masjid Istiqlal menduduki bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka. Kini, Masjid tersebut merupakan tempat ibadah umat Muslim terkenal di ibu kota.

Masjid Istiqlal sekarang sekaligus jadi lambang toleransi, sebab letaknya berhadapan dengan Katedral Jakarta. Bahkan, saking luasnya Masjid Istiqlal, diusung-usung sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.

Nah, sehabis mendatangi semua tempat itu, jangan lupa menyambut puncak Tahun Baru Islam dalam Jakarta Muharram Festival 2019 yang diadakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dengan tema Milenial Attraction program ini tujuannya mengajak milenial bersemangat mengawali Tahun Baru Islam 1441 Hijriah.

Acara ini akan berlangsung di Bundaran Hotel Indonesia pada Sabtu (31/8). Sebanyak 3000 penerima akan ambil cuilan pada pawai yang juga dilombakan melalui Piala Gubernur Pawai Obor.

Nantinya, tidak hanya menunjukkan suasana hangat, pawai itu juga sanggup menyejukkan hati dan menciptakan suasana hening di malam Kota Jakarta. Pemprov DKI juga menyiapkan banyak sekali kegiatan, yakni pertunjukan Water Screen Projection Laser di air mancur Bunderan HI serta 3D Project Mapping Building yang telah ada di HUT DKI lalu.

Ada juga kegiatan lainnya yang mengangkat kebudayaan khas Betawi, mirip Tari Topeng Betawi, Palang Pintu Betawi, sampai lenong dan pantun. Saksikan juga penampilan grup band akustik Transbrother sampai ondel-ondel yang tampil bareng Perkusi Marawis yang akan melengkapi warna-warni perayaan tahun gres Islam tahun ini.

Sementara itu, hadir pula pertunjukan lainnya yang tak kalah menarik mirip Jakarta fireworks, fire dance sampai beauty of Jakarta Festival yang bakal menemani pengunjung sampai puncak program pukul 23.00 WIB.

Jakarta Muharram Festival juga bakal menyediakan panggung hiburan megah bertajuk Muharram Concert yang merupakan perpaduan musik religi dan modern. Konser ini akan dihadiri artis-artis Tanah Air, mirip Kotak, Opick, Pasha, Wali, Bimbo, Fatin, Potret, Koesplus Junior, Cassandra Band, Rendy Pandugo, Wika Salim, dan Hijab Band.

Suasana akan semakin hangat dan meriah sebab pengunjung akan ditemani host yang atraktif mirip Arie Untung, Fenita Arie, Irfan Hakim Fadli, Chacha Federica, Terry Putri, Shara dan Natasha Rizky.

Selain itu, sambil menikmati banyak sekali rangkaian kegiatan bernuansa Islami tersebut, para pengunjung tak perlu khawatir kelaparan sebab tersedia juga Islamic Culinary Food di sekeliling area acara.

Jakarta Muharram Festival ini juga sanggup disaksikan melalui live streaming di portal detikcom pada pukul 17.00 WIB. Saksikan juga kemeriahan menyambut 1 Muharram 1441 Hijirah ini secara on air di Trans TV pukul 20.00 WIB.

Simak Video "Wisata Religi ke Masjid Qisas di Jeddah, Arab Saudi"
[Gambas:Video 20detik]

0 Response to "5 Rekomendasi Destinasi Religi Di Jakarta Jelang Tahun Gres Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel